Langsung ke konten utama

Menguji Performa Laptop Jadul! | Acer Aspire 2930


Menguji Performa Laptop Acer Jadul! 

Acer Aspire 2930
Langsung aja cekicrod

Spesifikasi Acer Aspire 2930

Sebelum mulai, saya ingin kasih tau tentang spesifikasi dari laptopnya saat ini.

  • OS                  : Windows 7 64 Bit SP1
  • Prosessor      : Intel Core 2 Duo P7350 @2.00 GHz
  • iGPU             : Intel GMA 4500MHD 64MB VRAM,Versi Driver: 8.15.10.1840
  • RAM          : 1GB 667MHz DDR2 Single Channel
  • Storage         : WD Caviar 2.5 inch 160GB 5400 RPM
  • Kamera          : 720p
  • Layar Lappy : WXGA LCD 12.1 inch @1280 * 800
Core 2 Duo P7350 CPU-Z
GPU-Z

Hmm,kalo dilihat sekilas spesifikasi laptop ini jelas bisa disebut "Laptop Kentang",ya wajarlah laptop dari sekitar tahun 2009an dan harganya yg bisa dibilang "murah" pada masanya.

Okeh langsung aja kita tes performa laptop ini.

Uji Coba Software Ringan

Yang paling pertama,saya uji coba dengan software ringan untuk pekerjaan kantor seperti MS Word 2016 ,MS Excel 2016, dan MS Powerpoint 2016 

Software tersebut dapat dijalankan normal walaupun terkadang not responding. Lalu untuk browsing ringan (Pakai Microsoft Edge) tentunya bisa walaupun terkadang not responding juga.

Untuk suhu,penggunaan CPU,dan lain-lain saat idle dari laptop ini, dapat dilihat pada gambar berikut:


 Suhunya lumayan panas mungkin disebabkan oleh pasta prosesor dari laptop ini belum saya ganti dari dulu 

Benchmark Prosesor

Untuk mengetes performa core dari processor,yang pertama saya menggunakan Cinebench R15 , laptop ini berhasil dalam waktu kurang lebih 8 menit. Dengan skor multi core/ single corenya adalah 41 cb . Dan sayangnya, untuk pengetesan OpenGL gagal.

Untuk suhu,penggunaan CPU laptop, dan lain lain saat pengetesan CPU menggunakan Cinebench R15 dapat dilihat pada gambar berikut:

Benchmark iGPU

Selanjutnya,saya tes iGPU menggunakan furmark versi ke 1.27.0.0 , laptop ini berhasil dengan rata rata fps yaitu 1 FPS, tertinggi 2 FPS, dan FPS terendah yaitu 0 FPS. 

Benchmark Media Penyimpanan

Yang ketiga untuk mengetahui kesehatan dan performa HDD, saya menggunakan Hardisk  Sentinel, Crystal Diskmark dan Copy file berukuran 1.5 GB berhasil dalam waktu 2 menit,

Menurut anda cepat atau lambat? 

Kalau menurut saya lumayan lambat kecepatan dari HDD ini, ya karena kecepatan hardisknya hanya 5400RPM.

Status HDD pada Hard Disk Sentinel
Hasil Benchmark Crystal DiskMark

Uji Performa Gaming!

Lalu yang keempat, saya coba main game jamannya Windows XP masih disupport sama Microsoft. Ya, kira-kira tahun 2001an ke atas. 

Untuk game yang saya tes hanya 2, yaitu Call of Duty 2 serta Battlefield 1942

Okeh, game pertama yaitu Call of Duty 2, dengan system requirement yang bisa dibilang rendah,

Saya menggunakan settingan LOW custom dengan resolusi 1366*768 dan DirectX 7 agar lebih baik perfomanya. Oh ya, untuk settingan texture-nya saya set ke manual dan LOW semua.

Settingan Grafik CoD 2

Sound Setting CoD 2

*Versi Game: 1.0
*Dalam pengujian menggunakan campaign " toujane_ride "

Dengan settingan seperti pada gambar tersebut, laptop ini mendapatkan FPS rata-rata  dengan 18 FPS . 

 Lalu, FPS tertinggi yaitu 52 FPS (saat sepi),

Dan yah, dengan FPS tersebut rasanya kurang enjoyable,namun masih playable. 

Nampaknya mengubah resolusi layar, tidak memengaruhi  FPS / FPS-nya sama walaupun berbeda resolusi layar.

Suhu,penggunaan CPU laptop,dan lain lain saat bermain CoD 2 ada pada gambar berikut:

Oh ya, ternyata dengan spek kentang, kita masih bisa merekam game ini dengan screen recorder (Saya pakai Bandicam 2021)

Saya tidak merekomendasikan ngerekam serta gaming di laptop ini bro. Soalnya banyak lag dan drop FPS kalau di tempat yang ramai.

Untuk melihat settingan video dari screen recorder dapat dilihat gambar di bawah ini:


Dan yang didapat adalah FPS rata-ratanya yaitu 13 FPS
Sementara itu, FPS tertingginya yaitu ~30 FPS
Dan FPS terendahnya yaitu 4 FPS :')
*Videonya nanti gw upload...

Lalu game selanjutnya yaitu Battlefield 1942, game first person keluaran tahun 2002 oleh EA

Langsung aja ,cekidot

Settingan Grafik, 1024*768 32 BIT colours
Settingan Audio *1

Settingan Audio *2
*Versi game: 1.61
*Dalam pengujian menggunakan mode Multiplayer (Conquest) ,peta Monte Santa Corce
*Dalam pengujian menggunakan Expansion

Dengan settingan seperti pada gambar tersebut,laptop ini bisa mendapatkan FPS rata-rata dengan 15 FPSFPS tertinggi saat pengujian yaitu 45 FPS (saat sepi), serta 32 FPS (saat ramai). Lalu FPS terendahnya yaitu 6 FPS . 

Dengan FPS tersebut sangat cocok untuk anda yang sedang stress , agar stress kalian bisa lebih meningkat *eh

Mungkin, saran saya kualitas grafiknya turunin lagi ke 800*600 / 640*480, agar FPS-nya meningkat / lebih baik.

Suhu,penggunaan CPU / Prosesor laptop,dan lain lain saat bermain Battlefield 1942 ada pada gambar berikut:

Okeh sekian uji performa dari laptop Acer Aspire 2930 oleh saya. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Terima Kasih telah mengunjungi dan membaca di blog saya, pastikan SUBSCRIBE juga channel youtube saya!  

Wassalamualaikum wr. wb.

*Saya menggunakan monitor external Acer P166HQL untuk bermain gamenya & agar lebih mudah mengecek suhu pada HWMonitor :)
*Saya tidak menguji speaker dan baterai, karena telah rusak.
*Saya nggak nguji kamera, karena kameranya ehem..
*Halaman ini untuk tugas sekolah juga xixixi


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Clockspeed pada Prosesor

Apa itu Clockspeed pada Prosesor? Setiap user komputer pasti menginginkan komputer yang cepat dan performanya yang handal baik dalam bekerja maupun urusan gaming.  Jika menginginkan hal tersebut, maka para user komputer harus mengerti hal dasar perangkat keras komputer seperti clock speed pada CPU / Prosesor. Emang apasih clockspeed pada CPU / Prosesor itu?  Kuy, simak pengertiannya di bawah ini!  i3 9100F memiliki base clock speed 3.60 GHz Sumber gambar: techpowerup.com Dikutip dari  murdockruz.com ,  Clock speed dalam sebuah CPU diartikan tingkat kecepatan yang mampu dijalankan oleh sebuah prosesor, dimana ini biasanya dihitung dalam istilah frekuensi Hertz atau Gigahertz.  1 MHz artinya satu-juta siklus per detik, sementara gigahertz adalah satu-milyar siklus per detik. Jadi komputer dengan kecepatan clock 800 MHz berjalan 800.000.000 siklus per detik, sedangkan komputer 3.0 GHz berjalan 3.000.000.000 siklus per detik Sedangkan base clock speed   bisa dikatakan sebagai tingkat kec